Widget HTML #1

Sekilas Tentang Program Jejaring Kota Kreatif UNESCO

Konvensi 2005


Boedaja - Sekilas Tentang Program Jejaring Kota Kreatif UNESCO adalah tema pada artikel kali ini.

Pada kesempatan ini Admin akan membagikan informasi mengenai Sekilas Tentang Program Jejaring Kota Kreatif UNESCO.

Jejaring Kota Kreatif UNESCO (The UNESCO Creative Cities Network / UCCN) didirikan pada tahun 2004 untuk mempromosikan kerjasama dengan dan antarkota yang telah dinilai memiliki kreativitas sebagai faktor strategis untuk pembangunan kota yang berkelanjutan.

Jejaring 246 kota saat ini bekerjasama menuju tujuan yang sama, yaitu: menempatkan kreativitas dan industri budaya di jantung rencana pembangunannya di tingkat lokal dan bekerjasama secara aktif di tingkat internasional.

Dengan bergabung dalam jejaring, kota-kota tersebut berkomitmen untuk membagikan praktik baik mereka dan mengembangkan kemitraan yang melibatkan sektor publik dan swasta serta masyarakat sipil untuk memperkuat penciptaan, produksi, distribusi dan penyebaran kegiatan budaya, barang dan jasa; mengembangkan pusat kreativitas dan inovasi dan memperluas peluang bagi para pencipta dan profesional di sektor budaya; meningkatkan akses dan partisipasi dalam kehidupan budaya, khususnya untuk kelompok dan individu yang terpinggirkan atau rentan; dan mengintegrasikan budaya dan kreativitas sepenuhnya ke dalam rencana pembangunan berkelanjutan.

Jejaring ini mencakup tujuh bidang kreatif, yaitu sebagai berikut: 

  • Kriya dan Seni Rakyat, 
  • Seni Media, 
  • Film, 
  • Desain, 
  • Gastronomi, 
  • Sastra dan 
  • Musik

Jejaring Kota Kreatif adalah mitra istimewa UNESCO, tidak hanya sebagai platform untuk refleksi tentang peran kreativitas sebagai pendorong pembangunan berkelanjutan tetapi juga sebagai tempat berkembang biak tindakan dan inovasi, terutama untuk implementasi Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan.

Saat ini sudah terdapat tiga (3) kota di Indonesia yang dinilai memiliki unsur kreativitas yang tinggi dan telah bergabung di dalam jejaring UCCN, yaitu sebagai berikut: 

  • Bandung dan 
  • Ambon

Untuk penjelsan serta informasi selengkapnya mengenai kota-kota di atas yang tergabung dalam jejaring UCCN akan Admin bagikan pada artikel terpisah.

Demikianlah informasi di atas mengenai tema pada artikel yang berjudul Sekilas Tentang Program Jejaring Kota Kreatif UNESCO, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Sekilas Tentang Program Jejaring Kota Kreatif UNESCO"